Ingin Sukses, Pelajari Cara Orang Sukses Dalam Mengatur Keuangan

Sukses menjadi salah satu hal yang paling ingin dicapai oleh semua orang, akan tetapi untuk mencapai kesuksesan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bagi orang-orang sukses didunia seperti Jack Ma, Warren Buffett, dan Carlos Slim, salah satu hal kiat sukses mereka adalah cara mengatur keuangan mereka secara disiplin dan konsisten. Pada dasarnya, mengelola keungan sebenarnya tidak sulit, hal yang sulit adalah disiplin dalam penggunaan uang yang anda miliki agar tidak digunakan untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan. Mari kita pelajari cara orang sukses didunia mengelola keuangan mereka.

1. Warren Buffett

Contoh pertama agar bisa sukses bisa kita pelajari dari orang terkaya sekaligus investor kawakan didunia, Warren Buffett memiliki prinsip mengelola keuangannya agar tidak menggunakannya melebihi uang yang dimiliki. Dalam hal ini, tidak mudah bagi siapapun untuk bisa mengontrol keinginan membeli segala sesuatu ketika masih memiliki uang untuk membelinya. Pada dasarnya keinginan dengan kebutuhan sangat berbeda dimana kebutuhan mutlak harus anda penuhi, sedangkan keinginan membuat anda tidak akan pernah puas.

Warren Buffett menerapkan prinsip untuk menggunakan uang seperlunya saja dan menggunakan uang yang tersedia setelah anda menabung, bukan menabung dari sisa uang yang sudah anda gunakan. Dengan uang yang berlimpah, pria yang mendapat julukan Oracle of Omaha bahkan tidak hidup dengan berlebihan dan memilih untuk sederhana dimana salah satu contoh yang bisa dilihat adalah Buffett yang masih memilih untuk tetap menempati rumah sederhananya yang dibeli pada tahun 1958. Menurut Buffett, setiap orang wajib untuk membiasakan diri selalu menabung untuk
mendapatkan masa depan yang lebih bahagia,”Jika ingin sukses, anda harus membiasakan diri menabung sejak dini jika ingin mendapatkan masa depan yang lebih bagahia, namun banyak orang yang tidak mampu melakukannya.”kata Buffett.

2. Jack Ma

Contoh kedua dalam mencapai kesuksesan bisa kita pelajari dari pendiri sekaligus Chairman Eksekutif Alibaba Group, Jack Ma. Bagi Jack Ma, Merencanakan masa depan dengan rencana yang matang dan dijalani sepenuh hati akan memberikan hasil yang sangat baik dan dirinya sendiri telah membuktikan hal ini. Pada tahun 1994 ketika pertama kali mengenal internet dan pada tahun 1995 ketika dirinya mencoba mencari kata kunci beer dan tidak menemukan salah satu pun berasal dari tiongkok yang membuatnya terusik dan akhirnya ingin membuat segala sesuatu tentang tiongkok bisa dicari pada mesin pencarian di internet.

Pada tahun 1998, Jack Ma yang yakin internet dimasa depan akan menjadi salah satu sarana terbesar didunia lantas mencoba untuk membangun perusahaan online marketplace dengan tujuan agar para pedagang kecil ditiongkok bisa menjual segala sesuatu dagangan mereka kepada siapapun tanpa harus memiliki relasi besar serta mengenal orang-orang besar agar bisa menjual dagangan mereka. Kini kejelian Jack Ma dalam merencakan masa depan pun sudah terbayar dengan kesuksesannya menjadi salah satu orang terkaya di Tiongkok.

3. Carlos Slim

Contoh selanjutnya yang bisa kita pelajari adalah dari pengusaha sekaligus Pemimpin utama dan CEO dari Telmex, Telcel dan America Movil asal Meksiko bernama Carlos Slim. Salah satu orang terkaya didunia asal Meksiko ini ternyata dari kecil sudah suka berinvestasi dengan memanfaatkan uang yang dimilikinya. Bahkan sejak usianya masih sebelas tahun, Carlos sudah menanamkan uangnya pada obligasi pemerintah negaranya dan setahun kemudian dirinya membeli saham pertamanya.

Prinsip yang diterapkan Carlos kepada dirinya sendiri sejak kecil adalah untuk memulai segala sesuatu sekarang juga. Carlos melihat untuk meraih kesuksesan dimasa depan, anda harus membuat uang terus bertambah dan semua itu bisa dilakukan dengan cara berinvestasi. Investasi sendiri adalah cara lain menabung dan sudah tidak bisa dipungkiri menabung adalah hal yang sangat baik bagi siapapun. Dengan begini anda sudah mengetahui beberapa cara yang dilakukan orang sukses didunia dalam mencapai kesuksesan mereka. Mari kita pelajari dan coba untuk diterapkan dikehidupan sehari-hari agar bisa mendapatkan masa depan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.