Mengantuk Tanda Anda Menderita Diabetes?

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh masyarakat diseluruh penjuru dunia. Bahkan ada rumor yang mengatakan mengantuk bisa menjadi awal mula pertanda seseorang sedang menderita diabetes. namun banyak yang ingin mengetahui apakah hal ini fakta atau hanya hoax saja.

Kebanyakan orang mengira rasa mengantuk bisa menjadi pertanda awal menderita diabetes karena mengantuk dianggap sebagai tanda gula darah yang meningkat. Namun faktanya diabetes dengan mengantuk ternyata tidak ada hubungannya karena penyebab diabetes sendiri bukan hanya dikarenakan sekedar tingkat gula darah yang tinggi.

Bagi seorang penyebab diabetes, kadar gula darah yang sedang tinggi maupun rendah tetap bisa menyebabkan kelelahan dan memunculkan rasa mengantuk. namun salah satu penyebab lainnya adalah tidak normalnya konsentrasi darah didalam tubuh akibat glukosa darah yang tinggi sehingga menyebabkan sel-sel tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan.

Glukosa darah yang tinggi biasanya menyebabkan peradangan oleh gula yang menyebabkan sel yang disebut sebagai monosit masuk ke otak dan menyebabkan seseorang merasakan kelelahan. sedangkan kadar gula yang rendah juga bisa menyebabkan kelelahan dimana sel-sel tidak dapat bekerja dengan baik karena kekurangan gula sebagai bahan bakar.

Untuk itu rasa mengantuk tidak serta merta mengartikan seseorang sedang menderita diabetes. Masih perlu serangkaian tes dan pemeriksaan dari dokter untuk mengetahui apakah seseorang menderita diabetes.

Add a Comment

Your email address will not be published.