5 Tempat Bak Dunia Lain Yang Ada Di Bumi

Meski kita hidup di bumi, ada beberapa tempat yang sangat jarang bahkan tidak diketahui oleh semua orang karena tempat dan lokasinya yang mungkin sulit terjangkau oleh manusia. Tetapi ada beberapa tempat dibelahan dunia ini yang terlihat seperti dunia lain yang tentunya sangat mencengangkan, berikut beberapa tempat dibelahan bumi yang terlihat seperti dunia lain.

1. “Sumur Air Terkutuk” dari Knaresborough, Yorkshire Timur, Inggris

“Sumur Air Terkutuk” dari Knaresborough, Yorkshire Timur, Inggris merupakan sebuah tempat yang hampir layaknya dunia lain seprti di film-film fiksi. Hal ini dikarenakan benda yang terkena air dari sumur tersebut dikabarkan akan berubah menjadi batu dimana hal seperti ini biasanya bisa kita lihat dari film-film saja. Saat mengunjungi tempat tersebut, para pengunjung akan disuguhi dengan penampakan boneka, topi, sepatu dan benda-benda lain yang membatu dalam posisi tergantung.

Orang-orang dulu dari Knaresborough, Yorkshire Timur, Inggris meyakini jika sumber air tersebut telah mendapatkan kutukan dari seorang penyihir sehingga membuat benda apapun yang terkena tetsan air dari sumur tersebut akan membatu. Akan tetapi, hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan menemukan jika air tersebut diduga memiliki kadar mineral yang sangat tinggi sehingga membuat benda yang terkena air tersebut menjadi membatu karena mineral tinggi yang mengeras.

2. Goa Hang Son Doong di Vietnam

Goa Hang Son Doong merupakan goa terbesar didunia dan terletak di area Phong Nha Ke Bang National Park di provinsi Quang Binh, Vietnam. Goa yang ditemukan tanpa sengaja oleh penduduk setempat bernama Ho Khanh pada tahun 1991ini memiliki panjang lebih dari 5 km, ketinggian 200 meter serta lebar sekitar 150 meter. Selain itu, Goa Hang Son Doong juga memiliki stalagnit yang menjulang tinggi mencapai 80 meter sehingga membuat goa satu ini menjadi goa dengan stalagnit tertinggi didunia.

Hasil ini terekspos keluar setelah tim ekspedisi dari British Cave Research Association (BCRA) yang dipimpin oleh Howard dan Deb Limbert bersama penduduk setempat, Ho Khanh melakukan perjalanan untuk mencari tahu isi dari goa tersebut pada tahun 2009 silam. Goa Hang Son Doong ini diklaim merupakan goa yang dibentuk secara alami akibat terkikisnya batu kapur oleh aliran sungai Rao Thuong yang memang mengalir melewati goa ini. akibatnya batu kapur yang terkikis lama kelamaan membentuk sebuah terowongan besar dan jadilah goa Hang Son Doong.

3. “Lava Biru” Kawah Ijen Dari Indonesia

Salah satu tempat bak dunia lain ternyata ada di Indonesia juga loh. Adalah kawah ijen yang berada tepat di perbatasan antara Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa TImur. berbeda dari lava yang biasanya berwarna merah terang, Kawah Ijen memiliki daya tarik akan pesona nya yang terlihat indah karena memiliki lava yang berwarna biru terang disertai asap putih menggumpal.

Secara ilmiah , warna lava kawah ijen berasal dari kandungan sulfur atau belerang tinggi dimana magma yang menyemprot gas kedanau sehingga membuat logam tinggi tersebut tercampur dan mengubah warna air menjadi biru,”Kandungan hidrogen yang bercampur dengan air danau membuat gas belerang berbuah warna menjadi biru terang saat suhu udara melebihi 360 derajat celcius sehingga lava yang mengalir terlihat berwarna biru.”kata seorang ahli, Vinay Sisodia.

4. Lake Karachay Di Rusia

Lake Karachay merupakan sebuah danau yang sudah ada pada jaman Uni Soviet dan digunakan sebagai tempat pembuangan limbah unsur radioaktif dari pabrik senjata nuklir milik Soviet. Namun ledakan yang terjadi pada tahun 1957 telah membuat danau tersebut menjadi sangat mematikan karena tercemar oleh partikel radioaktif sekitar 23.330 kilometer di danau tersebut. Bahkan 10 tahun sejak kejadian tersebut, Lake Karachay masih mengandung radioaktif yang berterbangan sejauh 1.450 kilometer dan tidak ada orang yang berani pergi kesana. Hal ini wajar karena berdiri di Lake Karachay selama kurang dari satu jam saja maka kamu bisa terbunuh akibat zat radioaktif tersebut.

5. Movile Cave Di Rumania

Negara Rumania memiliki sebuah goa yang sangat misterius dan aneh dimana goa tersebut diklaim tidak pernah terkena sinar matahari selama lebih dari 5,5 juta tahun lamanya. Hal tersebut pun berdampak pada atmosfer didalam goa yang tentunya menjadi berbeda dengan belahan bumi yang lainnya. Didalam goa tersebut diketahui terdapat sebuah sungai sulfur yang memiliki aroma bau telur busuk menyengat sehingga membuat udaranya sangat beracun karena memiliki kandungan hidrogen sulfida dan karbon dioksida 100 kali lipat lebih berbahaya.

Meski demikian, Goa yang dikenal dengan nama Movile Cave tersebut ternyata didalam goa masih memiliki ekosistem bagi beberapa makhluk hidup yang juga tentunya tidak pernah diketahui oleh manusia. Setidaknya terdapat sekitar 33 jenis spesies yang hidup didalam goa tersebut dengan memakan busa dari bebatuan. Para makhluk hidup disana memiliki bentuk yang unik karena beradaptasi dengan lingkungan goa yang beracun.