Efek Samping Dari Kekurangan Tidur

Banyaknya pekerjaan dengan segudang masalah yang menumpuk dan juga munculnya begitu banyak masalah yang membutuhkan perhatian khusus dari kita menjadi salah satu alasan besar mengapa kegiatan tidur kita terabaikan.

Hasil gambar untuk kurang tidur

Tidur merupakan kegiatan yang harus terpenuhi setiap harinya,nyatanya banyak orang yang setiap harinya kekurangan tidur dan bahkan sampai tidak tidur sama sekali.Perlu diingat dengan baik,seseorang yang kekuranga tidur justru akan membuat kesehatannya menjadi buruk.

Ada beberapa efek samping yang timbul jiak seseorang kekurangan tidur.

~Kelelahan.
Otak juga membutuhkan istirahat untuk mengonsolidasikan ingatan dan melatih untuk mengingat peristiwa penting yang terjadi,memproses emosi,dan juga melakukan pembersihan ingatan melalui sistem gimfatik.Tubuh anda sendiri akan mengingatkan anda ketika anda kekurangan tidur dengan dapat tidur dimanapun juga.Banyak orang yang meminum kopi untuk menghalau rasa kantuk dan lelha yang menyerang tanpa memikirkan kesehatan tubuh mereka sendiri.

~Perubahan Mood.
Perubahan mood secara tiba-tiba dan tidak terkontrol juga meruapakan salah satu hal yang harus dihadapi ketika kekurangan tidur.Saat seseorang kurang tidur,maka kadar kortisol dan hormon stress akan meningkat yang mengakinbatkan perubahan mood dengan cepat.

~Halusinasi.
Halusinasi merupakan sesuatu yang paling mungkin terjadi ketika seseorang kurang tidur.Kita seakan-akan membayangkan bahwa benda mati yang kita pandag sedang berbicara kepada kita atau bayangan kita mengambil kehidupan mereka sendiri.Kondisi ini biasanya disebut dengan hypnagogic dan hypnopompic.

~Respon Lebih Lamban.
Ketika seseorang kekurangan tidur,maka dapat menyebabkan rasa disorientasi seperti kehilangan jejak waktu dalam ingatan kita hingga soal tempat.Kurang tidur juga dapat mengurangi waktu respon dalam berpikir dan bertindak terhadap seseorang.

Biasakan untuk memenuhi kebutuhan tidur kita setiap harinya agar tidak menganggu kegiatan sehari-hari kita dengan cukup tidur 7 sampi 8 jam perharinya.