Beberapa Cara agar Lebih Aman Mendengarkan Musik Lewat Smartphone

Beberapa Cara agar Lebih Aman Mendengarkan Musik Lewat Smartphone

Beberapa Cara agar Lebih Aman Mendengarkan Musik Lewat Smartphone
pusatdominoqq.com
– Di era teknologi yang semakin berkembang ini, musik kini bisa didengarkan melalui smartphone. Akan tetapi, peneliti baru mengungkapkan kalau banyak orang yang tuli atau kehilangan pendengarannya akibat mendengarkan musik terlalu keras.

Organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization menyebutkan, orang yang berusia 15 – 35 tahun sering mendengarkan musik menggunakan earphone dengan cara yang tidak aman.

Hal tersebut tentu sangat berisiko pada indera pendengaran. Lalu bagaimana cara aman untuk mendengarkan musik melalui earphone dengan benar?

Berikut beberapa hal cara aman menggunakan earphone untuk mendengarkan musik.

1. Pilihlah earphone yang sesuai

Yang dimaksud dengan earphone yang sesuai adalah earphone yang pas dengan telinga.

Yang jadi masalah adalah earphone yang terdapat didalam satu paket penjualan smartphone tidak dirancang untuk memiliki ukuran yang berbeda-beda. Maka tidak heran, kalau ada penggunanya yang menaikkan volumenya agar dapat mendengar musik tersebut dengan jelas.

Jadi apabila mendengarkan musik menggunakan earphone dengan volume tinggi, kebiasaan tersebut lama kelamaan dapat merusak gendang telinga. Maka dari itu disarankan, untuk jangan terlalu sering memakai earphone bawaan dan pilihlah earphone yang pas agar lebih nyaman di telinga.

2. Tidak berlebihan

Sangat disarankan untuk semua kalangan anak muda agar bisa membatasi diri dan tidak berlebihan, ketika mendengarkan musik lewat smartphone.

Waktu yang diperkirakan, setidaknya satu jam saja per hari. Setelah satu jam beristirahatlah dan biarkan telinga dapat bernafas.

3. Menurunkan Volume Suara

Pada tahun 2013, Uni Eropa mewajibkan pembatasan volume kepada semua perangkat audio pribadi, termasuk juga smartphone.

Maka dari itu, smartphone biasanya menyarankan pengguna tersebut untuk tidak mendengarkan musik terlalu keras yang melebihi 85 desibel, saat volume hendak diperbesar.