5 Kesalahan Fatal Saat Memasak Ayam

5 Kesalahan Fatal Saat Memasak Ayam

5 Kesalahan Fatal Saat Memasak Ayam
pusatdominoqq.com
– Makanan yang diolah dari bahan daging seperti daging ayam pasti digemari banyak orang.

Selain harganya yang relatif murah, daging ayam sangat mudah diolah menjadi masakan apapun yang dapat menggugah selera. Namun sayangnya, banyak orang yang masih melakukan kesalahan ketika mengolah daging ayam tersebut.

Dan jika hal ini tidak ditangani dengan hati-hati, daging ayam yang seharusnya nikmat untuk disantap malah menjadi ancaman besar bagi kesehatan.

Dan berikut 5 kesalahan fatal saat memasak ayam yang kerap dilakukan.

1. Membiarkan daging ayam terlalu lama

Banyak orang yang menaruh ayam di atas meja terlalu lama, padahal hal tersebut dapat mengembangkan bakteri berbahaya pada daging karena suhu di kamar.

Jika dikonsumsi, bakteri tersebut dapat mengakibatkan berbagai penyakit bawaan atau dapat mengakibatkan keracunan makanan.

Jadi sebaiknya, simpan ayam di lemari es sesegera mungkin usai berbelanja.

2. Mencuci ayam sebelum dimasak

Sebenarnya akan lebih baik jika kita tidak mencuci ayam yang akan kita masak. Mengapa begitu? karena dengan mencucinya terutama dengan cara dibilas, hal tersebut malah dapat menyebabkan bakteri pada ayam akan menyebar dan melekat di permukaan sekitar.

Jadi akan lebih baik jika kita langsung menggoreng atau memasaknya dengan suhu yang tepat.

3. Mencampur daging ayam mentah dengan bahan yang lain

Bagi mereka yang bekerja di dapur yang lebih kecil, untuk menghemat tempat adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan.

Akan tetapi, dengan menempatkan potongan daging ayam mentah di tempat yang sama dengan bahan-bahan makanan lainnya malah dapat membahayakan kesehatan. Karena bakteri pada daging ayam bisa menyebar dan mencemari bahan makanan lainnya.

Jadi lebih baik, hindari dengan menempatkan ayam mentah di dekat bahan makanan lainnya yang belum di masak.

4. Salah menyimpan

Daging ayam juga tidak bisa di tempatkan dimana saja, meski kita selalu menyimpannya dilemari es. Cairan dari daging ayam tersebut juga bisa merembes di luar wadahnya dan bisa mengontaminasi makanan lainnya.

Maka dari itu, sebaiknya kita menyimpan ayam tersebut di atas piring lalu di tutup dan di simpan di rak kulkas bagian bawah.

5. Lupa mencuci tangan

Tangan adalah alat terbaik kita untuk dapat memegang dan membumbui bahan makanan dalam memasak.

Tapi ketika tangan kita sudah bersentuhan dengan daging ayam, maka bnakteri pada ayam tersebut tentu akan menempel dan mencemari apapun yang akan kita sentuh nantinya.

jadi sebaiknya kita harus berhati-hati, jangan menyentuh apapun setelah kita memegang daging ayam mentah dan mencuci tangan kita setelahnya.