3 Tips Hindari Anda Dari Kanker Kulit

Semua jenis kanker merupakan penyakit yang sangat serius tak terkecuali kanker kulit. Kanker kulit sendiri biasanya bisa disebabkan oleh mutasi DNA sel manusia yang tumbuh dengan cepat dan kehilangan sifat dasarnya. Salah satu jenis kanker kulit yang paling berbahaya adalah kanker kulit melanoma dimana kanker ini biasanya menyerang sel pigmen penghasil melanin dikulit. Melanin sendiri adalah salah satu sel yang berfunsi untuk menyerap sinar ultraviolet dan melindungi kulit manusia dari bahaya .

Namun kanker kulit melanoma ternyata sama saja dengan jenis kanker lainnya dimana belum ada penelitian yang berhasil menciptakan cara pasti mencegah perkembangan penyakit satu ini. Akan tetapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terserang kanker kulit melanoma yang bisa anda lakukan sebagai berikut.

1.Lindungi Diri Dari Sinar UV Yang Berlebihan

Sesuatu yang berlebihan selalu memberikan dampak yang buruk terlebih lagi jika itu adalah sinar ultraviolet (UV) yang menjadi salah satu faktor penyebab seseorang terkena kanker kulit. Sebagai salah satu pencegahan terbaik dalam menghindari terkena kanker kulit, tentu kamu harus melindungi diri dari paparan sinar UV yang berlebihan.

Kamu bisa menggunakan krim tabir surya untuk melapisi kulitmu agar terlindungi dari paparan sinar UV secara langsung. Selain itu kamu bisa menggunakan pakaiaan seperti baju dengan lengan panjang, jeans panjang , topi serta kaca mata untuk melindungi diri dari paparan sinar berbahaya ini secara langsung.

2.Tahi Lalat Tidak Normal Bisa Jadi Pertanda Bahaya

Semua orang tentu memiliki tahi lalat yang bisa tumbuh dibagian tubuh manapun, namun jika kamu menemukan ada tahi lalat baru yang tidak normal di bagian tubuhmu, segeralah pergi kedokter untuk diperiksa. Hal ini dikarenakan tahi lalat yang tidak normal tersebut bisa jadi pertanda bahaya kamu terkena kanker kulit melanoma yang pada beberapa kasus kanker kulit ini berkembang melalui tahi lalat.

3.Sistem Kekebalan Tubuh

Sudah bukan rahasia umum lagi jika sistem kekebalan tubuh yang menurun akan menyebabkan kamu mudah terserang penyakit apapun termasuk kanker kulit melanoma. Untuk kamu diwajibkan untuk rajin berolahraga dan makan makanan sehat agar mendapatkan tubuh yang bugar yang sehat. Dengan tubuhmu yang sehat bugar, tentu sistem kekebalan tubuhmu juga semakin baik dalam melawan berbagai penyakit.