Tanpa Disadari, 4 Makanan Dan Minuman Ini Penyebab Kamu Sulit Tidur

Sebagaimana diketahui, semua orang tentunya sangat membutuhkan kualitas tidur yang baik agar bisa menjalani segala aktifitas sehari-hari menjadi nyaman dan lebih bugar. Bahkan tidur yang berkualitas termasuk salah satu hal yang harus dilakukan bagi orang yang menjalani pola hidup sehat. Orang yang kurang tidur tentu akan mudah mengalami stres dalam menjalani segala aktifitas selama sehari penuh.

Meski demikian, tidak sedikit orang yang memiliki kualitas tidur yang buruk dikarenakan berbagai alasan. Salah satu alasan yang paling banyak membuat orang kurang tidur adalah sulit tidur dimalam hari. Hal ini ternyata merupakan dampak dari makanan yang kamu makan sebelum tidur loh. Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya kau hindari jelang tidur agar mendapatkan kualitas tidur yang baik.

1. Coklat

Sudah bukan rahasia lagi jika coklat adalah makanan yang sangat disukai oleh semua orang disegala usia. Banyak jenis makanan dan minuman olahan berbahan dasar coklat yang tentunya sangat menggugah selera dan membuatmu tak bisa menolak untuk memakannya. Namun kamu harus bisa menahan nafsu untuk tidak memakan coklat dimalam hari terlebih jelang waktu tidur malam. Hal itu karena kafein dari sekeping coklat yang kamu makan bakal membuatmu terjaga terlebih bagi orang yang sudah berusia diatas 30 tahun. Kandungan tyrosine dan asam amino dari coklat yang membentuk neutrotransmiter cathecolamine ternyata mampu memberikan efek kepada tubuh dan kesadaranmu terjaga.

2. Daging Olahan Dan Junk Food

Bagi sebagian orang yang sering merasa lapar dimalam hari, makanan siap saji seperti sosis , hotdog, dan burger menjadi pilihan yang selalu dicari karena mudah didapat dan porsinya yang pas untuk dimakan hanya dalam beberapa gigitan. Meski demikian, ternyata junkfood dan beberapa jenis makanan dari daging olahan seperti daging asap mengandung asam amino tyramine yang cukup tinggi. Makanan seperti ini tentunya sangat tidak baik jika kamu konsumsi jelang jam tidur karena zat ini mampu membuat otak melepas norepinephrine dan membuatmu menjadi lebih terjaga sehingga kamu menjadi sulit tidur.

3. Makanan Asam Dan Pedas

Salah satu penyebab seseorang menjadi sulit tidur dimalam hari adalah karena pencernaan yang sedang tidak baik. Untuk itu wajib kamu perhatikan makanan yang kamu makan 3-4 jam sebelum waktu tidur kamu dimana sebaiknya menghindari makanan yang asam dan pedas karena jenis makanan seperti itu bisa menyebabkan efek refluks dan heartburn yang bisa membuat kamu menjadi sulit tidur dimalam hari.

refluks merupakan abnormalnya aliran urin yang kembali lagi ke ureter dimana seharusnya urin mengalir turun dari ginjal ke kandung kemih. Sedangkan heartburn adalah sensai rasa terbakar didaerah dada yang berasal dari kerongkongan dan menimbulkan rasa sakit sehingga membuat tidak nyaman dan tentunya sulit untuk tidur.

4. Alkohol

Tidak sedikit orang dewasa yang sering melengkapi jam makan malam mereka dengan meminum satu atau dua gelas minuman beralkohol seperti wine untuk merasa lebih rileks. Namun tanpa disadari , minuman beralkohol yang kamu minum akan menjadi salah satu penyebab kualitas tidurmu menjadi buruk. Alkohol yang membuat produksi urin menjadi banyak akan membuatmu terus menerus terbangun untuk ke kamar mandi dimalam hari. Tentunya tidur anda yang terpotong-potong tersebut membuatmu akan terbangun dengan tubuh yang terasa lelah dan tidak bersemangat.