Mau Umur Lebih Panjang, Biasakan Tidur Lebih Lama Diakhir Pekan

Bagi semua orang, akhir pekan menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu karena tentunya anda bisa melakukan segala kegiatan yang anda ingin lakukan karena tidak bisa melakukannya dihari kerja. Akan tetapi sebaiknya anda manfaatkan akhir pekan dengan tidur lebih lama dibandingkan dengan hari biasa saat anda sedang bekerja. Hal ini ternyata sangat bermanfaat dalam kualitas hidup anda menjadi lebih baik dan memiliki manfaat untuk mencegah kematian.

Manfaat positif ini didapat dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Swedia yang menemukan fakta jika orang dewasa dibawah usia 65 tahun yang memiliki kebiasaan tidur selama lima jam setiap malam memiliki resiko kematian lebih tinggi dibandingkan dengan yang memiliki kualitas tidur sektiar tujuh jam setiap malam. Meski demikian, bagi orang-orang yang sering kurang tidur disaat hari bekerja, anda bisa memanfaatkan akhir pekan sebagai aktifitas memperpanjang umur anda dengan tidur lebih lama dari hari biasa anda bekerja.

Dari hasil riset yang dilakukan, ditemukan fakta meski orang-orang kekurangan tidur selama hari bekerja dan memiliki jam tidur lebih lama diakhir pekan ternyata mampu memiliki umur yang sama panjang dengan orang yang tidur selama tujuh jam setiap malamnya.”Setiap orang harus memiliki kualitas tidur yang bagus untuk mendapatkan manfaat hidup yang lebih lama. Meski anda kurang tidur dihari kerja, namun anda bisa memanfaatkan akhir pekan untuk tidur lebih lama dan membuat anda memiliku umur yang lebih panjang.”kata Torbjrn kerstedt selaku kepala Stress Research Institute di Universitas Stockholm.

Hasil riset yang dilakukan pada tahun 1997 dan dipublikasikan melalui Journal of Sleep Research tersebut berdasarkan data sekitar 38.015 orang Swedia dimana para peserta diteliti kualitas tidur mereka diakhir pekan dan hari kerja selama 13 tahun terakhir sesuai dengan catatan kematian nasional. Meski demikian, seorang profesor epidemiologi di Universitas Chicago, Amerika Serikat Diana Lauderdale mengatakan hasil riset tersebut tidak terlalu berlaku dengan manusia yang hidup di era modern seperti saat ini dimana riset tersebut dilakukan kepada orang-orang yang sedikit merokok, dan hasilnya mungkin akan berbeda dengan orang-orang yang aktif merokok dalam kehidupan sehari-hari.

Add a Comment

Your email address will not be published.