Ini Sebabnya Lansia Sering Sekali Sulit Untuk Tidur

Sudah menjadi hal umum jika tubuh manusia akan berubah seiring bertambahnya usia. Selain perubahan seperti kulit yang menjadi keriput, tulang yang semakin rapuh dan ingatan yang lebih berkurang, organ didalam tubuh manusia juga akan mulai melemah seiring bertambah usia. Salah satu efek negatif seseorang yang sudah memasuki usia lanjut diatas 60 tahunan biasanya akan mengalami kesulitan untuk tidur. Berikut beberapa penyebab para lansia menjadi sulit tidur.

* Pola Tidur

Bertambahnya usia seseorang akan disertai pola tidur yang berbeda terlebih bagi para lansia yang tentunya menjadi lebih mudah terbangun saat tidur karena suara bising dari lingkungan sekitar seperti suara kendaraan yang berlalu lalang. Selain itu, rasa kantuk yang melambat juga menjadi salah satu penyebab pola tidur lansia yang semakin tidak berkualitas.

* Kurang Melakukan Aktivitas Fisik

Kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan oleh para lansia menjadi salah satu faktor kesehatan yang menurun padahal aktivitas fisik tentunya bisa membuat tubuh menjadi lelah dan mudah merasa kantuk. Oleh karena itu, meski sudah mengalami penuaan, para lansia juga sangat disarankan untuk melakukan olahraga fisik selain untuk kesehatan juga bisa membantu mengatur pola tidur yang menjadi lebih baik.

* Konsumsi Obat-obatan

Sudah hal biasa jika penuaan membuat sistem imun tubuh manusia menjadi lebih lemah dan mudah terserang banyak penyakit dan konsumsi obat-obatan juga tidak bisa terelakkan lagi saat penyakit sedang menyerang. Namun dibalik itu semua, konsumsi obat-obatan tersebut tentunya memiliki beberapa efek negatif bagi kesehatan salah satunya adalah insomnia.

Tidur yang berkualitas tentunya sangat dibutuhkan segala usia terutama bagi para lansia yang mudah terserang penyakit karena organ tubuh yang juga ikut melemah karena faktor usia. Untuk itu wajib bagi siapapun disegala usia untuk tetap menjalani pola hidup sehat disertai menjaga tidur yang berkualitas karena sangat bermanfaat bagi kesehatan.