Ini Penyebab Wanita Lebih Mudah Merasa Kedinginan Dibandingkan Pria

Kedinginan sudah menjadi hal yang wajar bagi semua orang karena ketika anda sedang kehujanan ataupun terkena angin dimalam hari, maka tubuh anda akan meresponnya dengan menggigil. Namun faktanya ternyata sistem kemampuan tubuh pria dan wanita dalam menghadapi rasa dingin memiliki perbedaan dimana wanita lebih mudah merasa dingin dan menggigil ketka pria masih bisa menahan udara dingin dengan mudah. Oleh sebab itulah, wanita selalu membutuhkan syal atau sweater ketika keluar dimalam hari maupun saat cuaca mendung.

Untuk mengetahui penyebabnya, beberapa penelitian lantas dilakukan dan menemukan fakta bahwa ternyata wanita memiliki suhu tubuh yang lebih tinggi dari pria dimana pada bagian ekstremitas (kaki dan tangan) memiliki suhu yang lebih rendah. Sejatinya uhu tubuh wanita berkisar sekitar 36.5 derajat celcius dengan bagian tangan dan kaki sekitar 30.7 derajat celcius, sedangkan suhu tubuh pria sekitar 36.3 derajat celcius dan 32 derajat celcius untuk bagian tangan dan kaki. Selain itu, berikut beberapa penyebab yang sering kita lakukan tanpa atau dengan sengaja menjadi salah satu faktor wanita lebih mudah merasa kedinginan dibandingkan pria.

1. Terlalu Kurus

Bagi setiap wanita dimanapun, memiliki tubuh yang ideal merupakan salah satu hal yang paling diinginkan semua wanita. Akan tetapi jika memiliki tubuh yang terlalu kurus, maka lapisan lemak didalam tubuh menjadi lebih tipis dan tentunya akan membuat tubuh menjadi sulit dilindungi dari angin yang dingin. Oleh karena itu, para wanita diwajibkan untuk tetap mengkonsumi makanan yang sehat dengan kandungan protein,lemak dan karbohidrat kompleks yang tinggi untuk membantu menjaga suhu panas didalam tubuh manusia.

2. Ketidakseimbangan Kadar Tiroid Didalam Tubuh

Ketidakseimbangan kadar tiroid merupakan salah satu penyebab tubuh bisa merasa kedinginan karena metabolisme tubuh yang menjadi melambat dalam menghasilkan panas didalam tubuh dan jika itu terjadi, tentu tubuh akan lebih mudah merasakan kedinginan karena kekurangan panas didalam tubuh. Ketidakseimbangan kadar tiroid juga bisa memunculkan beberapa penyakit seperti hipotiroidisme (kekurangan hormon tiroksin),hipertidoidisme,penyakit gondok dan nodul tiroid. Ciri-ciri umum yang muncul akibat ketidakseimbangan tiroid antara lain seperti rambut menipis,kulit kering dan mudah lelah. Andai anda mengalami ciri-ciri seperti ini, anda disarankan untuk konsultasi kedokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Kurang Tidur

Untuk yang satu ini, semua orang pasti sering merasakannya terlebih bagi para pekerja kantoran yang sering bekerja lembur hingga larut malam dan harus bangun sepagi mungkin pastinya sering mengalami kurang tidur. Namun rutinitas seperti ini sangat tidak baik jika terlalu sering dibiasakan karena kekurangan tidur mempengaruhi metabolisme tubuh dalam menghasilkan suhu panas yang menjadi lebih menurun. Menurunnya suhu panas tubuh tentu membuat anda menjadi mudah kedinginan.

4. Konsumsi Pil KB

Pada era modern serta biaya hidup yang mahal sepert saat ini, tidak sedikit wanita yang menggunakan pil kontrasepsi atau pil KB dengan tujuan untuk tidak kebablasan saat berhubungan. Akan tetapi konsumsi pil KB ternyata berdampak pada hormon wanita dimana suhu tubuh wanita menjadi lebih sensitif setelah mengkonsumsi obat kontraseps ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.