Ini Penyebab Tubuh Sering Merasa Kedinginan

Saat sedang kehujanan ataupun terkena udara dimalam hari, tentu tubuh kita akan spontan merasakan kedinginan. Rasa dingin saat anda sedang kehujanan adalah hal yang biasa dan merupakan respon alami dari tubuh kita sendiri. Akan tetapi ternyata banyak orang yang sering merasakan kedinginan meski tidak sedang kehujanan ataupun terkena udara malam hari.

Dari hasil penelitian , didapati beberapa faktor seperti kurang tidur ternyata bisa membuat anda merasakan kedinginan tanpa kehujanan. Hal tersebut dikarenakan tubuh yang kurang beristirahat akan sulit untuk mengatur fluktuasi suhu kulit yang membuat anda merasakan kedinginan. Penelitian di tahun 2012 silam mendapati orang yang kekurangan tidur semalam saja akan merasakan efek kedinginan dimana tangan yang akan menjadi lebih dingin dan kaki yang lebih panas.

Selain itu, ternyata kekurangan berat badan juga memberikan efek kepada tubuh kita lebih mudah terserang kedinginan dimana pada sebuah studi yang dilakukan didapati orang-orang yang kekurangan berat badan dan memiliki indeks masa tubuh tinggi dibawah 18,5 membuat jantung sulit memompa pemanasan darah yang membuat rasa dingin muncul.

Faktor lain seperti kekurangan sel darah merah atau anemia ditubuh seseorang ternyata juga bisa membuat seseorang merasakan kedinginan tanpa sebab mengingat anemia memang bisa membuat kondisi didalam tubuh terganggu dan memunculkan gangguan kesehatan ringan maupun berat.

Terakhir masalah gangguan kelenjar tiroid ternyata merupakan salah satu faktor masalah kesehatan yang bisa membuat tubuh tiba tiba merasakan kedinginan. Hal tersebut dikarenakan hormon yang di produksi oleh kelenjar tiroid ternyata sangat berperan penting bagi metabolisme tubuh seperti detak jantung dan mempengaruhi tubuh dalam memproses lemak, karbohidrat, protein dan mengontrol suhu tubuh manusia.

Add a Comment

Your email address will not be published.