Fakta Unik Yakuza Jepang Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

Yakuza merupakan organisasi kejahatan terbesar di jepang dan sudah sering banyak terdengar oleh semua orang diseluruh penjuru dunia. Meski merupakan kelompok kejahatan, ternyata Yakuza sangat terstruktur layaknya pekerjaan dimana mereka memiliki kantor yang hampir sama seperti perkantoran pada umumnya. Akan tetapi kehidupan para Yakuza masih sangat misteruius dan sangat rahasia dimana mereka bisa muncul dimana saja tanpa diketahui oleh siapapun mereka tidak pernah segan-segan membunuh orang yang melawan.

Sejarah mengatakan Yakuza sudah ada sejak tahun 1612 dimana dimasa lalu mereka dikenal dengan organisasi bernama Machi-Yokko dan memiliki dua kelas profesi yakni Bakuto atau penjudi dan Tekiya atau pedagang. Meski Tekiya disebut sebagai kaum pedagang, nyatanya mereka sering menipu bahkan memeras sesama pedagang. Diera modern seperti saat ini, Yakuza memang diketahui sudah mengalami penurunan dibandingkan dengan masa lalu, akan tetapi mereka masih sama berbahayanya dengan dimasa lalu. Namun ada beberapa fakta tentang Yakuza yang mungkin saja tidak kamu ketahui.

Fakta pertama adalah markas para Yakuza sendiri kebanyakan berada didaerah Kansai yakni di Osaka atau sekitarnya. Lembaga AS, ICTA atau International Crime Threat Assessment mengatakan Yakuza jepang merupakan sindikat kejahatan terbesar dan terkuat yang ada didunia saat ini. Para anggota Yakuza juga diberikan peraturan dan pedoman agar disiplin dan tidak bisa bertindak sewenang-wenang tanpa izin dari para pimpinannya. Selain itu, para Yakuza juga
sangat licik dan suka memeras orang lain dimana biasanya mereka akan membeli saham sebuah perusahan sebanyak mungkin agar bisa ikut kedalam rapat pemegang saham, disana mereka akan menggali informasi dari pemegang saham lainnya untuk meminta sejumlah uang jika tidak ingin rahasia mereka dibocorkan.

Saat jepang terkena bencana Tsunami pada tahun 2011 silam, bencana alam dahsyat tersebut meninggalkan kehancuran dibeberapa kota. Hal yang tak diduga adalah Yakuza menjadi organisasi pertama yang dikabarkan memberikan bantuan dengan menggunakan helikopter dan boat organisasi mereka sebelum organisasi pemerintah memberi bantuan dimana aksi tersebut pun mendapatkan banyak pujian dari sejumlah orang. Jika ada yang memuji, tentunya ada juga yang memberi tanggapan negatif yang mengatakan aksi para Yakuza tersebut hanya sebagai ajang cari muka saja.

Bahkan kedisiplinnya Yakuza akan semua peraturan yang diterapkan bukanlah hanya sebatas peraturan diatas kertas saja dimana bagi para anggota yang tidak mematuhi perintah peraturan dan memprotes peraturan, maka mereka akan mendapatkan hukuman yang disebut dengan Yubitsume. Yubitsume merupakan hukuman yang sangat kejam karena hukuman ini adalah tindakan memutilasi jari tangan sang pembangkang. Selain itu, hal yang paling bisa diketahui dari ciri-ciri seorang Yakuza adalah Tato. Namun setiap Yakuza memiliki tato yang berbeda-beda sesuai dengan setiap pimpinan yang mereka ikuti. Tato yang banyak ditubuh Yakuza menandakan dia adalah seorang yang berpengaruh didalam geng tersebut.

Meski merupakan organisasi kejahatan, nyatanya Yakuza memiliki hubungan dengan pemerintahan Jepang dimana pada tahun 2012 silam, perdana menteri Jepang, Keishu Tanaka diminta mengundurkan diri dari jabatannya karena memiliki hubungan dengan Yakuza. Kebanyakan politisi Jepang memang meminta bantuan para Yakuza untuk memenangkan mereka pada pemilihan umum dimana anggota Yakuza disebar secara diam-diam ditempat pemilihan guna memastikan kandidat yang didukung bisa menang dan hal inilah yang membuat para politisi berlomba-lomba meminta bantuan Yakuza.

Leave a Reply

Your email address will not be published.