Fakta Tentang Papua Ini Pasti Bikin Bulu Kuduk Anda Merinding

Negara kita Indonesia dikenal luas diseluruh dunia sebagai negara yang kaya akan keberagaman suku dan budaya salah satunya adalah Papua. Papua yang terletak diwilayah timur Indonesia memang merupakan salah atu pulau dengan budaya dan tradisinya yang sangat terjaga dari dulu hingga saat ini. Akan tetapi apakah anda pernah mendengar soal orang Papua yang memiliki belati yang terbuat dari tulang-berulang manusia ? hal ini terdengar mengerikan namun ini adalah fakta.

Orang Papua masa lalu memang memanfaatkan tulang manusia dan tulan hewan lain seperti kasuari,emu dan moas. Akan tetapi hal unik dan menarik yang kita bahas adalah belati yang terbuat dari tulang manusia asli. Orang Papua dimasa lalu memang mendapatkan belati dari warisan orang tuanya dimana mereka mengambil tulang dari keluarga untuk dijadikan sebagai belati dan bagian tulang paha merupakan bagian yang paling sering digunakan untuk membuat belati. Selain itu keberadaan tulang belati manusia juga digunakan sebagai lambang status sosial para lelaki Papua dimasa lampau dan mtidak mengandung unsur spiritual.

Selain itu orang alasan orang Papua lebih menyukai menggunakan tulang manusia sebagai belati dari pada tulang hewan bisa jadi karena tulang manusia ternyata lebih kuat terhadap tekanan tidak seperti tulang hewan yang lebih mudah patah jika terkena tekanan secara fisik. Hal itu dibuktikan langsung oleh seorang antropolog dari Dartmouth College bernama Nathaniel Dominy yang bersama dengan timnya melakukan percobaan membengkokkan belati yang terbuat dari tulang manusia dan tulang hewan.

Alasan lain orang Papua menggunakan tulang manusia sebagai belati tidak lain adalah karena pada abad ke-20, masih terdapat kanibalisme yang terjadi dimasa itu dimana senjata tersebut digunakan untuk melumpuhkan musuh dan dijadikan sebagai santapan di pesta kanibal seperti yang dituliskan oleh jurnal Royal Society Open Science. Inilah salah satu fakta unik mengenai orang Papua yang tergolong mengerikan dan tentunya membuat bulu kuduk anda merinding.

Add a Comment

Your email address will not be published.