Fakta Mengejutkan Orang Berpendidikan Lebih Banyak Menyebar Hoax

Saat ini penyebaran berita atau informasi palsu yang dikenal dengan sebutan Hoax tengah menjadi salah satu hal yang paling mengerikan dinegara manapun tak terkecuali di Indonesia. Terlebih dengan adanya media sosial yang menjadi salah satu media penyebaran informasi palsu paling cepat saat ini.

Meski demikian, hal yang sangat disayangkan adalah dimana para penyebar Hoax ternyata diketahui lebih banyak di dominasi kalangan orang yang berpendidikan tinggi. Hal ini dibuktikan dengan dasar penelitian yang dilakukan di Amerika beberapa waktu lalu.

Namun menurut Pinckey Triputra yang merupakan Dosen Ilmu Komunikasi UI mengatakan jika Hoax bukanlah hal baru dan sudah sangat lama terjadi. Bahkan Pinckey mengatakan Hoax tidak akan pernah hilang dan akan terus bertumbuh cepat terlebih belakangan penyebaran Hoax di Indonesia meningkat dengan sangat cepat.

“Hoax ini sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat dunia termasuk di Indonesia. Saya pikir hal ini tidak akan pernah hilang karena masih banyak orang-orang tak bertanggung jawab yang dengan sengaja menyebarkan Hoax demi kepentingan pribadi. Akan tetapi masalah besarnya adalah penyebarannya yang akhir-akhir ini meningkat sangat pesat.”kata Pinckey.

Media sosial seperti Facebook menjadi salah satu akses penyebaran Hoax terbesar mengingat media tersebut adalah yang terbesar dan paling banyak digunakan oleh seluruh orang dinegara manapun. Melihat hal ini, CEO Facebook, Mark Zukerberg pun memberikan pernyataan pihaknya tengah mencoba untuk memerangi semua penyebaran palsu yang dilakukan orang ataupun organisasi tak bertanggung jawab melalui Facebook.”Saya dan seluruh tim kami akan memerangi semua jenis penyebaran Hoax yang dilakukan menggunakan perangkat kami.”ujar Mark.

Leave a Reply

Your email address will not be published.