Bukan Pohon, Ternyata Organisme Ini Penghasil Oksigen Terbesar Di Bumi

 

Bukan Pohon, Ternyata Organisme Ini Penghasil Oksigen Terbesar Di Bumi
Situspokeronline88.net
– Sebagaimana diketahui, salah satu kebutuhan utama manusia untuk bisa tetap hidup adalah Oksigen. Akan tetapi seperti yang kamu semua ketahui, selama ini semua orang hanya mengetahui jika pohon merupakan sumber utama penghasil oksigen dibumi. Namun semua itu tidak benar, Kenapa begitu? Memang benar pohon selaku penghasil oksigen dibumi, akan tetapi penghasil oksigen terbesar dibumi kita adalah organisme bernama Plankton terutama Fitoplankton.

Bukan Pohon, Ternyata Organisme Ini Penghasil Oksigen Terbesar Di Bumi

Peran Plankton di bumi ternyata sangat besar, selain sebagai penyumbang oksigen terbesar sekitar 70% lebih di bumi, ternyata Plankton juga organisme yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk laut dimana pada dasarnya kebanyakan makhluk yang hidup dilautan memang memakan Plankton sebagai makanan utama mereka. Karena ukurannya yang sangat kecl, Plankton biasanya akan mengikuti air maupun angin kemanapun karena tidak memiliki kemampuan untuk melawan arus dan angin.

Salah satu penyebab banyaknya ikan di pesisir pantai adalah dikarenakan sebagian besar Plankton hidup dipesisir pantai karena terbawa oleh arus dari lautan ke pantai sehingga membuat ikan-ikan juga turut berdatangan dengan tujuan untuk mencari makanan. Planton biasanya tercipta dari sisa-sisa hewan maupun tumbuhan dan hanya bisa terlihat menggunakan mikroskop karena ukurannya yang terlalu kecil sehingga sulit untuk bisa melihatnya dengan mata telanjang.

Selain menghasilkan oksigen, ilmuwan menemukan jika Plankton juga membantu bumi terhindar dari pemanasan global dengan membuat awan untuk menahan sebagian sinar ultraviolet yang terpancar dari matahari ke bumi. Pembentukan awan itu sendiri merupakan salah satu pertahanan diri bagi para Plankton tersebut yang tidak tahan dengan suhu air laut yang semakin panas akibat terpaan sinar matahari secara langsung ke laut yang membuat para Plankton menjadi stress dan mengalami malnutrisi.

Awan yang terbentuk dengan bantuan Plankton ini diyakini oleh para ilmuwan menjadi salah satu hal positif yang diterima oleh bumi dimana pemanasan suhu dibumi menjadi lebih lambat karena bantuan awan tersebut. Namun para ilmuwan masih akan terus melakukan penelitian terkait hal ini untuk membuktikan secara keseluruhan peran besar dari Plankton terhadap ekosistem bumi dan makhluk didalamnya.