Atasi Cegukan Dengan Bahan-bahan Ini

Semua orang tentunya sudah pernah mengalami cegukan, meski tidak berbahaya, namun tentunya cegukan merupakan salah satu hal yang paling tidak nyaman bagi siapapun. Secara medis, cegukan disebabkan oleh diafragma yang mengejang diluar kemauan dan ketika terjadi cegukan biasanya tingkat karbondioksida didalam darah tiba-tiba merosot sangat rendah sehingga efek yang ditimbulkan menyebabkan cegukan.

Adapun beberapa penyebab yang tanpa sadar sering kita lakukan menjadi penyebab munculnya cegukan seperti merokok, makan dan minuman yang pedas menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu, stres atau emosi tinggi seseorang ternyata bisa menyebabkan munculnya cegukan dan cegukan panjang tentunya sangat tidak baik karena bisa menyebabkan seseorang pingsan.

Meski demikian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan cegukan yang tengah kamu alami dengan menggunakan beberapa makanan yang mudah sekali kamu temukan seperti gula pasir, selai kacang , jeruk nipis dan air. Berikut cara menghilangkan cegukan menggunakan bahan-bahan tersebut.

* Gula Pasir

Saat mengalami cegukan, kamu bisa mengambil gula pasir 1 sendok teh penuh dan kemudian ditelan langsung dimana butiran gula pasir akan menjadi lebih lengket saat ditelan karena tercampur dengan air ludah dan membuat irama pernapasan menjadi lebih normal sehingga bisa menghentikan cegukan. Selain itu rasa manis dari gula bisa menjadi salah satu alasan cegukan kamu menjadi hilang karena sensasi manis yang kamu rasakan pada bagian ujung saraf dimulut memicu hilangnya cegukan.

* Selai Kacang

Ketika kamu mulai mengalami cegukan, maka makanlah satu sendok makan selai kacang untuk menghilangkan cegukan tersebut. Bagaimana bisa ? ya karena selai kacang yang lengket seperti gula pasir yang ditelan membuat irama pernapasan menjadi lebih normal dan tentunya hal itu membuat cegukan akan segera hilang.

* Jeruk Nipis

Jeruk nipis dan jeruk lemon bisa dijadikan sebagai salah satu obat alami menghilangkan cegukan yang kamu alami. Caranya adalah ambil jeruk nipis ataupun lemon dan iris tipis saja, setelah itu irisan tipis tersebut bisa kamu kunyah atau dimakan untuk menghentikan cegukan karena sensasi asam yang dihasilkan dari jeruk nipis dan lemon bisa mengganggu pola impuls saraf vagus.

* Air Putih

Selain memang sangat dibutuhkan oleh tubuh, air putih ternyata mampu menghentikan cegukan kamu. Caranya cukup mudah, hanya tinggal meminum segelas air putih, cegukan kamu akan terobati karena saat menelan air dapat menghentikan cegukan dan menenangkan saraf.