Amber Room, Situs Keajaiban Dunia Kedelapan Yang Hilang

Meski banyak harta karun yang pernah ditemukan oleh para pemburu maupun tanpa sengaja ditemukan, ternyata masih banyak harta karun dari jaman dahulu didunia ini yang belum ditemukan oleh para arkeolog. Namun ada juga beberapa harta karun yang sempat diketahui oleh dunia, meski sudah hilang tanpa jejak seperti Amber Room yang merupakan ruangan berlapis emas asli yang dibangun pada masa lampau.

Amber Room merupakan sebuah ruangan yang dibangun oleh raja Prusia pada tahun 1709 dengan sekeliling ruangan berlapis emas dan batu amber. Bahkan seluruh ruangan tersebut dihiasi dengan ornamen-ornamen mewah baik dilantai maupun langit-langit ruangan dimana ruangan tersebut didesain oleh seniman dari Jerman bernama Andreas Schuter dan dibangun oleh pengrajin amber yang berasal dari Denmark bernama Gottfried Wolfram dan dilanjutkan oleh Ernst Schact dan Gottfried Turau dari Danzig.

Amber Room sempat berpindah tangan menjadi milik Tsar Rusia Peter Agung pada tahun 1716 sebagai bentuk kerja sama antara Prusia dan Rusia dalam menghadapi Swedia. Pada abda ke-19, Alexander II juga menggunakan Amber Room sebagai ruangan pribadinya untuk menyimpan koleksi Amber berharganya dan membuat Amber Room menjadi sebuah ruangan dengan harta karun yang sangat besar nilainya.

Akan tetapi pada tahun 1941, Nazi yang berhasil menginvasi Uni-Soviet berhasrat menguasai dunia turut merampas seluruh karya seni berharga serta Amber Room dari Rusia dengan memindahkan Amber Room ke Konigsberg, Jerman. Soviet yang berusaha untuk mengambil kembali harta karun mereka tersebut pasca berakhirnya perang ditahun 1945 tetap tak berhasil menemukan keajaiban dunia kedelapan yang hilang tersebut.

Alhasil pemerintah Rusia pada akhirnya memutuskan untuk membuat kembali Amber Room dengan bermodalkan gambar foto hitam putih yang dimiliki dan memakan waktu selama 24 tahun untuk menyelesaikan ruangan tersebut karena para pengrajin harus kembali belajar untuk mempelajari seni kerajinan batu Amber.

Selama enam puluh tahun lebih hilangnya Amber Room, banyak rumor beredar mengenai lokasi ruangan berlapis emas tersebut dimana ada rumor yang mengatakan ruangan tersebut sudah hancur akibat pengeboman di lokasi penyimpanan Amber Room di Konigsberg dan kabar lain mengatakan Amber Room ikut tenggelam ke dasar laut Baltik bersama sebuah kapal selam.

Namun sebuah kelompok pemburu harta karun bersama para sejarawan sempat melakukan pencarian terkait Amber Room dan mengklaim mengetahui lokasi asli tempat keberadaan Amber Room yang disebut berada di sebuah gudang penyimpanan Jerman di Polandia, akan tetapi lokasi tersebut diklaim sulit untuk ditembus karena diyakini banyaknya ranjau yang dipasang oleh Nazi pada jaman dahulu untuk melindungi harta karun tersebut.