10 Hiu Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup

Hiu terbesar didunia? Jika mendengar pernyataan seperti ini, tentunya mengingatkan anda dengan film-film hollywood seperti Jaws, Shark Attack, Deep Blue Sea dll. Pada film-film tersebut, para hiu terlihat sangat ganas dan sangat besar, bahkan ada beberapa film yang mengangkat nenek moyang hiu didunia yaitu Megalodon sebagai hiu paling mengerikan.

Pada kenyataannya, Megalodon memang merupakan hiu terbesar yang pernah hidup didunia ini sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun yang lalu dan ukurannya pada jaman purba diklaim lebih besar dari ukuran paus bungkuk dengan panjang mencapai 15-20,3 meter dan berat 80-100 ton. Meski saat ini tidak pernah ada orang yang pernah melihat Megalodon secara langsung, nyatanya di bumi masih ada beberapa spesies hiu terbesar didunia. Berikut 10 spesius hiu terbesar didunia yang masih bisa ditemukan.

10. Bigeye Thresher Shark

10 Hiu Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup

Bigeye Thresher Shark menempati urutan ke-10 sebagai hiu terbesar didunia saat ini. hiu Bigeye Thresher biasanya hidup didalam air dalam dengan kedalaman mencapai 1.650 kaki dari didasar laut dan memiliki ukuran mencapai 15.1 kaki dengan berat sekitar 360 kg. Sama seperti namanya, Hiu Bigeye Thresher memang memiliki ciri mata besar yang berfungsi untuk membantunya untuk berburu didalam kondisi cahaya yang rendah.

9. Bluntnose Sixgill Shark

10 Hiu Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup

Hiu Bluntnose Sixgill atau yang dikenal dengan nama “Hiu Sapi”  mendapatkan nama tersebut berdasarkan ciri-cirinya yang memiliki moncong tumpul dan lebar serta mata yang kecil seperti sapi. Meski demikian, hiu ini merupakan hiu terbesar ke-9 yang bisa mencapai ukuran sepanjang 15,8 kaki dan memiliki beberapa variasi warna. Namun banyak saudara dari jenis hiu Bluntnose Sixgill ini diklaim sudah punah.

8. Thresher Shark

10 Hiu Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup

Thresher Shark merupakan hiu terbesar selanjutnya dimana ukurannya bisa mencapai 18 kaki untuk ukuran dewasanya. Selain itu, tidak sedikit orang yang tertipu dengan tubuhnya yang terlihat ramping sehingga orang-orang mengira hiu ini tidak terlalu besar. Padahal faktanya ukuran tubuh hiu Thresher ini bisa mencapai berat sekitar 498 kg lebih untuk ukuran dewasanya. Hiu jenis ini biasanya bisa ditemukan di perairan laut khatulistiwa dunia.

7. Great Hammerhead Shark

10 Hiu Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup

Sesuai dengan namanya, Great Hammerhead Shark merupakan jenis hiu martil terbesar didunia dengan ukuran yang bisa mencapai 20 kaki panjangnya. Hiu ini biasanya bisa ditemukan diperairan beriklim tropis diseluruh dunia dan memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan hiu martil lainnya dimana Great Hammerhead Shark memiliki palu yang lebar dengan tepi depan yang hampir lurus.

Meski bisa hidup hingga mencapai berat 580 kg lebih, hiu Great Hammerhead ternyata memiliki sifat yang pemalu dan lebih memilih menghindar dari manusia dimana hal ini tentunya sangat jauh dengan sifat alami hiu lainnya yang biasanya lebih liar. Hiu jenis ini biasanya banyak diburu oleh manusia untuk diambil bagian siripnya yang memiliki harga jual yang tinggi terutama bagi orang China yang doyan mengkonsumsi sirip hiu.

6. Greenland Shark

10 Hiu Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup

Hiu Greenland mampu hidup selama 200 tahun dan mencapai ukuran 21 kaki. Hiu jenis ini merupakan hiu yang memiliki kemampuan hidup paling lama. Hiu Greenland biasanya hidup dikedalaman air mencapai 6600 kaki dibawah permukaan laut sehingga membuat daging hiu ini menjadi sangat beracun. Meski demikian, hiu Greenland pernah tertangkap kamera berada di laut dangkal sedalam 24 kaki dari permukaan laut. Habitat hiu ini biasanya berada di samudra altantic bagian utara dan samudra artik.

5. Pacific Sleeper Shark

10 Hiu Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup

Hiu Pacific Sleeper merupakan salah satu hiu yang menarik karena mampu hidup di perairan dengan suhu bertemperatur rendah di pasifik utara dan perairan artik pada kedalaman sekitar 6600 kaki dari permukaan laut. Meski memiliki ukuran yang bisa mencapai 23 kaki dan berat sekitar 362 kg lebih, hiu ini ternyata mampu berenang dengan sedikit gerakan tubuh dan sedikit suara hidrodinamik sehingga membuatnya menjadi predator yang mengerikan.

4. Tiger Shark

10 Hiu Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup

Tiger Shark merupakan satu-satunya hiu dari ras genus galeocerdo yang masih hidup saat ini dan merupakan salah satu hiu terbesar didunia saat ini dengan ukuran mencapai panjang sekitar 24,3 kaki dan berat 907 kg. Sesuai dengan nama nya, hiu Tiger memiliki corak seperti harimau dan sangat agresif. Bahkan hiu ini merupakan salah satu hiu yang paling berbahaya dimana beberapa kasus penyerangan terhadap perenang sering terjadi akibat hiu ini. Habitat hiu ini biasanya didaerah sekitar perairan khatulistiwa dan cenderung sekitar daerah perairan pasifik.

3. Great White Shark

10 Hiu Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup

Jika ingin mencari hiu terganas didunia, Great White Shark adalah salah satunya dan tentu saja anda tidak pernah mencoba untuk main-main dengan hiu satu ini. Great White Shark yang merupakan hiu terakhir dari jenis spesies Carcharodon ini bisa mencapai ukuran 26,2 kaki dengan berat mencapai 2 ton lebih dan sering ditemukan di perairan permukaan pantai dari semua samudra besar. Hiu ini juga merupakan salah satu predator yang paling mengerikan dilautan terutama bagi mamalia laut.

2. Basking Shark

10 Hiu Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup

Saat ini Basking Shark merupakan hiu terbesar kedua didunia yang masih hidup dan bisa ditemukan saat ini. Ukuran hiu Basking bisa mencapai panjang 40 kaki dengan berat lebih dari 19 ton. Hiu Basking memiliki sirip yang besar dan kuat dengan bentuk menyerupai bulan sabit, meski demikian, ukurannya yang besar membuat hiu ini bergerak cenderung melambat sehingga membuatnya bukanlah predator dilautan.

1. Whale Shark

10 Hiu Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup

Sesuai dengan namanya, ukuran Whale Shark atau hiu paus merupakan satu-satunya hiu terbesar didunia saat ini yang bisa mencapai ukuran panjang 41 kaki dengan berat sekitar 15 ton dimana ukuran besarnya ini membuatnya tidak termasuk predator ganas karena gerakannya yang juga cenderung melambat. spesies yang diklaim sudah ada sejak 60 juta tahun lalu ini memiliki rentan waktu hidup mencapai 70 tahun dan biasanya bisa ditemukan pada perairan hangat.