Si Hitam Legit,kue Khas dari Kutoarjo

Si Hitam Legit,kue Khas dari Kutoarjo

Gambar terkait

Kue khas yang manis dan legit ini berasal dari Kutoarjo,Jawa Tengah yang di sebut masyarakat sebagai kue lompong.

Jika kita lihat dengan sekilas,kue lompong ini tampaknya sama saja seperti kebanyakan kue yang ada di pasar tradisional yang berwarna cerah dan ketika kita membelahnya,maka akan tampak kacang tanah yang di beri campuran gula.

Tekstur dari kue lompong ini kenyal jika dalam keadaan panas dan jika dingin tidaklah lembek ataupun kenyal.
Kue lompong sendiri di masak dengan cara di kukus dan pembuatannya juga gampang-gampang susah jika tidak tahu akan aturan dan rangkaian pembuatannya.

Dengan daun talas yang telah di bakar yang telah berubah warnanya menjadi kehitaman karena telah di campur oleh tepung merang.
Kemudian untuk adonannya sendiri dari tepung ketan yang di beri air,gula,bubuk daun talas,dan juga bubuk merang.Setelah itu semua bahan ini di aduk menjadi satu dengan diberi minyak kelapa agar tidak lengket saat akan di kukus.

Tetapi harus kita ketahui,jika menggunakan daun pisang maka rasa dan aroma dari kue ini akan berubah secara drastis karena pengaruh dari daun pisang itu sendiri.

Di Kutoarjo sedniri masih banyak dan dapat kita temui kue ini,karena pasar-pasar maupun rumah makan masih tetap menyajikan dan menyediakan kue lompong ini.

Jika berkunjung ke Kutoarjo hendaklah membeli kue lompong ini sebagai oleh-oleh untuk di bawa pulang guna berbagi rasa manis dengan aroma yang khas dari Kutoarjo.