Jangan Salah Memotong Buah Sebab Nutrisinya Akan Hilang Bila Salah

Jangan Salah Memotong Buah Sebab Nutrisinya Akan Hilang Bila Salah

Ada tipe yang berbeda saat memakan buah, ada yang memakannya langsung dengan kulit dan ada yang mengupas kulitnya terlebih dahulu. Ya memang bagaimana caranya pun itu sah-sah saja untuk memakannya.

Namun, jika kamu suka makan buah yang dipotong dahulu tahukah kalian kalau jika salah memotong buah dapat membuat kandungan gizi dari buah tersebut hilang?

Beberapa orang suka dan sudah terbiasa memotong buahnya menjadi lebih kecil, agar lebih praktis dan mudah untuk dikonsumsi. Tapi sebaiknya berhati-hatilah, karena oksigen di udara luar, paparan panas dan cahaya bisa menghilangkan nutrisi yang terkandung didalamnya.

Sebab, kulit buah punya fungsi untuk melindungi kandungan vitamin, mikronutrisi dan mineral yang terkandung di bagian daging buah tersebut.

Jadi apabila sudah dikupas dan dipotong, oksigen, paparan panas dan lainnya bisa menyebabkan kandungan air pada buah tersebut menguap. Alhasil, keseimbangan asam pada daging tersebut dapat menghilangkan nutrisinya.

Beberapa vitamin dan mineral itu tidak tahan dengan udara panas. Jadi setelah buah ataupun sayur itu dipotong, jika mengandung vitamin C maka vitamin C tersebut akan menghilang karena punya reaksi dengan oksigen di udara.

Dan pemotongan buah juga dapat mempercepat proses pembusukan dari buah tersebut. Jika semakin lama buah terpapar di udara luar, maka akan semakin terlihat perubahan warna pada buah tersebut.

Perubahan tersebut dikarenakan kontaminasi bakteri yang terdapat di udara sekitar masuk ke dalam daging buah tersebut.

Jadi sangat disarankan untuk, menggunakan pisau yang bersih agar dapat mencegah bakteri atau jamur masuk ke buah. Dan sebaiknya jika sudah terlanjur di potong, untuk segera dimakan agar tidak terlalu lama terkena udara diluar.