Fungsi dan Kegunaan Dari Air Liur

Fungsi dan Kegunaan Dari Air Liur

Pernahkah kita berpikir,kenapa pada saat kita menggunyah pasti air liur kita akan ikut keluar juga?
Banyak orang yang beranggapan bahwa air liur adalah sesuatu hal yang sangat menjijikkan tanpa mengetahui sisi positifnya.
Salahs atu contoh yang paling umum adalah ketika kita melihat seseorang meludah di tempat umum,pasti kita akan merasa jijik.

Hasil gambar untuk air liur

Air liur sendiri memiliki nama ilmiah yaitu saliva,yang merupakan kelenjar bening yang di hasilkan oleh mulut kita dan bukan hanya manusia saja yang dapat memproduksi air liur,bahkan hewan juga dapat menghasilkan air liur juga.

Berikut beberapa kegunaan air liur yang di produksi oleh mulut kita.

~Mengolah Makanan.
Ketika makanan akan masuk ke perut kita,terlebih dahulu harus masuk kemulut kita terlebih dahulu untuk di hancurkan.Akhirnya makanan yang besar atau kasar dapat menjadi lebih lunak berkat bantuan dari air liur.

~Menetralkan Berbagai Macam Bakteri.
Air liur mengandung beberapa zat anti bakteri yang berfungsi untuk membasmi serta menetralkan bakteri,kuma,jamur yang masuk ke dalam mulut kita.Perlu di ketahui,senyawa anti bakteri akan ikut melemah ketika kondisi badan kita juga melemah.

~Membantu Mengecap Makanan.
Setiap makanan yang masuk ke dalam pasti lah memiliki begitu banyak rasa dari manis,asin,pahit,dan lain sebagainya.Saliva akan membantu lidah untuk dapat mengecap rasa dari makanan dengan baik,karena saliva memiliki ph keasaman 7,4 datu bisa kita katakan ph yang netral.

~Mengandung Sistem Imunitas.
Ada zat yang masih terkandung dalam air liur yaitu zat immunoglobulin A,dan zat ini sangat lah berkaitan erat dalam membantu tubuh kita untuk terhindar dari senyawa jahat yang dapat mengamcam kesehatan kita yang dapat menimbulkan penyakit tertentu.

Memang jika kita melihat seseorang meludah di tempat umum pasti lah jijik,tetapi harus kita ingat bahwa air liur memiliki kegunaan dan fungsi yang sangat baik bagi kita sendiri.