Fakta Tentang Negara Bhutan

Bhutan merupakan sebuah negara kecil yang terhimpit antara india dan Tibet yang sekaligus sangat tertutup,tetapi kini Bhutan lebih membuka diri terhadap pariwisata terutama bagi turis dari Indonesia.Bhutan juga di anggap bagian dari Asia Selatan yang merupakan kerajaan buddha yang terletak di ujung timur Himalaya dengan banyaknya biara,benteng,dan sekaligus mempunyai pemandangan yang menakjubkan karena terletak di dataran yang tinggi.

Banyak orang yang tidak tahu mengenai Bhutan,negara yang di akui oleh PBB sebagai negara paling bahagia di Asia pada tahun 1974 dan untuk wisatawan yang ingin berkunjung,juga harus menggunakan travel agent asli dari Bhutan dengan tarif yang telah ditentukan oleh pemerintah setempat,dan ini beberapa fakta-fakta menarik tentang Bhutan.

~Makna kata dari Bhutan.
Beberapa ahli mengungkapkan,kata Bhutan mungkin di turunkan dari kata sansekerta ‘Bhu-uttan’ yang berarti tanah tinggi,namun beberapa orang bhutan menyebut ngeri mereka dengan sebutan ‘Druk Yul’ yang berarti Tanah Naga Guntur,karena negara ini begitu tenang dan perawannya negeri dengan pemandangan yang masih sangat terjaga.

~Tingkat Kebahagiaan Nasional Bruto bukan PDB.
Penerimaan Domestik Bruto merupakan indeks ekonomi yang umum di gunakan di setiap negara,tetapi beda halnya dengan Bhutan.
Bhutan menggunakan empat pilar untuk mengukur tingkat kesehatan ekonomi negaranya,yaitu: tata pemerintahan yang baik,pelestarian budaya,perlindungan lingkungan,dan pembangunan berkelanjutan.

~Tidak Adanya Lampu Lalu Lintas.
Selain Pyongyang (korea utara).Thimpu juga salah satu dari dua ibukota di asia yang tidak memiliki lampu lalu lintas,mereka  hanya menempatkan petugas lalu lintas di setiap persimpangannya.

~Memiliki Gunung Tertinggi yang belum dibuka untuk Pendakian.
Gunung yang mempunyai nama Gangkhar Puensum merupakan gunung tertinggi di Bhutan dengan ketinggian mencapai 24.840 kaki dan juga termasuk gunung tertinggi ke-40 di dunia dan sampai sekarang masih belum di buka untuk pendakian karena di ketinggian ini,penduduk setempat sudah menganggapnya sebagai tempat yang suci untuk di daki.

~Bandara paling Berbahaya di Dunia.
Bandara Paro adalah satu-satunya bandara yang terdapat di Bhutan dengan di kelilingi oleh pegunungan himalaya yang menjulang tinggi,Paro merupakan bandara paling menantang di dunia untuk dapat mengendalikan pesawat dengan sempurna.
Sampai saat ini hanya terdapat 8 pilot yang bersertifikasi untuk mendarat di Paro,karena harus menghindari rumah-rumah yang terletak di dekat bandara dan sekaligus harus bisa mendarat di landasan sepanjang 2 km yang sempit.

Ketika semua negara sedang mangalami konflik yang di karenakan ke tidak seimbangan ekonomi dan juga ke tidak selarasan masyarakatnya,marilah kita lihat dan belajar dari negara Bhutan,yang setiap tahunnya tingkat ekonominya meningkat dan untuk kriminilitasnya hampir tidak ada.