Alasan Kita Selalu Mengedipkan Mata

Alasan Kita Selalu Mengedipkan Mata

Setiap manusia pastilah selalu mengedipkan mata mereka dan itu merupakan hal yang normal dilakukan.Namun pernahkan anda berpikir,kenapa kita harus mengedipkan mata kita?

Hasil gambar untuk mata yang sehat

Kelopak mata merupakan sesuatu yang naik turun saat mata kita berkedip dan kelopak mata kita terbuat dari lipatan kulit yang dapat digerakkan melalui otot-otot yang gerakannya adalah sangat cepat namun gerakan tersebut tidaklah menganggun penglihatan kita sama sekali.

Permukaan luar mata kita dilindungi oleh lapisan mata dan lapisan mata ini berfungsi untuk melumasi bola mata kita dan juga sebagai pembersih debu yang masuk kedalam mata kita.

Pada umumnya,jarak waktu mengedipkan mata adalah 20 kali dalam semenit.Namun apabila kita menonton televisi ataupun bermain gadget dalam waktu yang cukup lama,maka tempo waktu mengedipkan mata kita akan semakin cepat yaitu 50 kali dalam semenit.

Mengedipkan mata juga untuk meratakan air mata kita yang kaya akan oksigen keseluruh permukaan mata kita.Ketika kita mencoba untuk tidak mengedipkan mata kita,maka kornea mata kita akan terasa perih,hal ini disebabkan oleh kornea kita yang kering,maka secara otomatis mata kita akan mengedipkan matanya untuk melumasi kembali kornea mata kita.

Namun perlu kita ketahui juga,bahwa frekuensi mengedipkan mata setiap orang juga berbeda-beda karena faktor usia karena pada umunya,untuk orang yang lebih tua,kinerja dari kelenjar air matanya akan berkurang yang mengakibatkan bola mata akan lebih cepat kering.

Ada satu hal yang menarik dari mengedipakn mata yaitu seberapa sering pun kita mengedipkan mata,tetap saja kita akan lupa bahwa kita terus-menerus mengedipkan mata,karena ini adalah gerakan otomatis yang dilakukan oleh mata kita untuk terus melapisi bola mata kita dengan cairan air mata tanpa menganggu pengelihatan kita sama sekali.