Bahaya Nya Begadang Bagi Kesehatan Pada Manusia

Banyaknya kegiatan terkadang harus anda jaga hingga berkepanjangan. Bahkan, bagi banyak orang tidak ada aktivitas untuk dilakukan, begadang sudah menjadi kebiasaan yang sulit di elakan lagi.

Efek negatif dari begadang tidak hanya mempengaruhi kesehatan tubuh. Kebiasaan ini juga dapat menimbulkan efek negatif dari kehidupan seks, daya ingat serta cara berpenampilan pada setiap orang yang melakukan nya.

Benar, efek dari begadang memiliki jangka panjang akibat kurangnya tidur sangatlah nyata dan banyak yang mengalaminya. efek negatif yang di timbulkan dari begadang terus menerus ini ada berbagai penyakit yang di timbulkan dan harus anda cemaskan juga

Berikut ada beberapa penyakit yang di timbulkan oleh kebiasaan begadang terus menerus :

1.  Gangguan Mental

Tidur sudah pasti di butuhkan oleh tubuh agar tubuh berfungsi secara baik dan benar. Dengan tidur cukup, anda mampu konsentrasi dan melakukan aktifitas secara normal.

Jika seseorang kekurangan tidur, akan menyebabkan gangguan pada mental dan emosional yang tidak berjalan normal. Anda akan berhaslusinasi seperti melihat dan mendengar sesuatu yang tidak ada.

2. Stroke

Begadang bisa menimbulkan efek negatif pada pembulu darah yang tidak berfungsi secara normal.Karena itu, begadang akan menimbulkan penyakit, salah satunya stroke.

tentunya penyakit stroke dapat di cegah dengan melakukan tidur yang cukup serta gaya hidup yang normal seperti manusia pada umumnya.

3. Penuaan Dini

Kurangnya tidur dalam beberapa malam pada manusia akan menimbulkan efek negatif pada mata seperti membengkaknya mata dan pemucatan pada kulit wajah.Selain itu, kurang nya tidur dalam beberapa malam akan menimbulkan garis halus pada wajah dan lingkarang hitam di bawah mata.

saat seseorang kekurangan tidur, hormon kortisol semakin banyak di produksi dan kolagen pada kulit bisa memecah. kolegen ini adalah protein pada kulit yang menjaga kulit tetap halus dan elastis. inilah salah satu alasan mengapa begadang dapat menimbulkan penuaan dini

4. Infeksi Pada Saluran Pernapasan

efek negatif yang di timbulkan begadang termasuk infeksi pada saluran pernapasan, saat anda kurang tidur, hal tersebut dapat melemahkan sistem kekebalan pada tubuh. anda akan lebih rentan terhadap masalah pada saluran pernapasan dan mudah terkena virus seperti flu ataupun batuk dan serangan virus lainnya

5. Penurunan Daya Ingat

Sistem saraf pusat anda adalah sistem pusat informasi yang di miliki tubuh anda. Tidur cukup pun di perlukan bagi sitem saraf pusat agar bisa berfungsi secara baik dan benar. Selama tidur, otak tetap akan sibuk membentuk jalur memori baru, sehingga anda siap menghadapi dunia saat bangun pagi hari.

Maka dari itu kekurangan tidur akan menngganggu anda menjalani kegiatan di pagi hari seperti berkonsentrasi dan mempelajari hal-hal baru Nya tentunya hal ini akan berdampak negatif pada sistem memori jangka pendek dan panjang.

 

Mengatahui cukup banyak nya efek negatif dari begadang, sebaiknya anda mengurangi atau tidak melakukan kebiasaan begadang anda, bila anda memiliki gangguan pada tidur anda kami sarankan anda secepatnya konsultasikan kepada dokter ahli. dengan begitu, penyakit yang anda alami dapat di ketahui sehingga dapat segera di tangani dan di sesuaikan.