Trik Mudah Memperawet Aki Motor Lebih Awet

Trik Mudah Memperawet Aki Motor Lebih Awet

Punya fungsi sebagai penampung dan mensuplai arus listrik pada kendaraan, aki mempunyai perang yang sangat penting di motor. Saat melemah, yang banyak dilakukan oleh pemilik pada kendaraan tersebut adalah dengan mengisi ulang aki tersebut jika masih layak digunakan.

Akan tetapi, jika aki tersebut sudah berumur atau cukup lama digunakan kemungkinan aki tersebut tidak bisa lagi di cas. Dan salah satu pilihannya adalah menggantinya dengan aki yang baru.

Saat membeli aki yang baru, ada beberapa hal yang baiknya para pemilik motor mengetahui agar aki yang dibeli tidak cepat rusak.

Berhasil kami rangkum dari Suzuki Indonesia, pemilik kendaraan motor yang memakai aki kering bertipe MF atau maintenance free dengan jenis aki yang menggunakan cairan, sebaiknya sesaat sebelum dipasang tunggu dulu beberapa waktu sebelum komponen tersebut disambung di motor.

Karena, cairan elektrolit yang baru dituang itu membutuhkan waktu untuk dapat meresap dengan baik ke seluruh bagian pada aki. Oleh karena itu, sebaiknya tunggu sekitar 20 menit sebelum di pasang.

Hal ini dilakukan karena reaksi pada bahan kimia pada cairan setelah bertemu dengan komponen itu sangat bermanfaat. Agar, cairan elektrolit di komponen dalam aki dapat bekerja lebih sempurna. Sehingga, aki tersebut akan lebih awet saat sudah digunakan.

Tapi untuk aki berjenis MF atau aki kering bisa langsung di pasang dengan gel, karena gel tersebut sudah terisi dari pabrikannya langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *