Cara Tepat Mencairkan Ikan Beku

Cara Tepat Mencairkan Ikan Beku

Seringkali kita langsung memasukkan makanan seperti daging,ayam,ikan yang baru kita beli dari pasar kedalam kulkas tanpa tahu akan cara yang benar dan tepat dalam penyimpanannya.

Meskipun terkesan praktis,resiko gangguan kesehatan pasti selalu mengintai kita bila tidak dilakukan dengan cara yang tepat.

Ikan beku yang baru dibeli memanglah harus sesegera mungkin disimpan kedalam kulkas.Kemaslah ikan yang akan anda simpan didalam kulkas dengan meletakkan diwadah sendiri tanpa bersentuhan dengan makanan lainnya.

Suhu yang pas dalam menyimpan ikan segar adalah 4 derajat celcius dan akan lebih baik jika menyimpannya didalam freezer.

Hal penting yang harus diketahui adalah ketika ikan beku diletakkan dalm suhu ruangan dalam kurun waktu 2 jam,maka bakteri dan kuman yang terdapat pada ikan tersebut akan berkembang dengan berlipat kali banyaknya.

Berikut cara mencairkan ikan beku yang tepat.

~ Meletakkan dibagian kulkas bawah
Ini adalah cara paling aman dalam mencairkan ikan beku.Masukkan ikan beku kedalam wadah bersih yang kemudian diletakkan dibagian bawah kulkas.

Proses seperti ini dapat memakan waktu hingga 24 jam untuk mencairkannya,tetapi kualitas dan tekstur dari ikan tidak akan berubah.

~ Menggunakan Air Dingin
Metode ini lebih banyak digunakan oleh orang karena prosesnya lebih cepat jika dibandingkan dengan meletakkan ikan beku dibagian bawah kulkas.Bungkuslah ikan dalam kantong plastik dan pastikan plastik tidak ada celah untuk angin dapat masuk kedalamnya karena jika terdapat kebocoran pada plastik,maka hal ini dapat membuat bakteri untuk berkembang biak.

~ Menggunakan Air Hangat
Hampir sama dengan metode air dingin,masukkan ikan beku kedalam wadah plastik dan pastikan wadah tersebut tidak berlubang atau memiliki celah.Metode yang satu ini merupakan metode tercepat dan aman utnuk mencairkan ikan beku.

Ingin menggunakan metode apapun sebenarnya adalah sama saja yaitu tujuan akhirnya utnuk mencairkan ikan beku.Hal yang perlu diperhatikan dalam mencairkan ikan beku adalah agar terbebas dari kuamn dan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *