Cara Mencuci Boneka Dengan Baik dan Benar

Kebanyakan orang selalu berpendapat bahwa boneka mereka tidaklah perlu dibersihkan karena tidak pernah dibawa keluar rumah dan hanya berada didalam kamar saja.

Walaupun terlihat tidak kotor,namun pada kenyataannya boneka kesayangan kita juga perlu dibersihkan karena ada begitu banyak debu dan kuman yang menempel setiap harinya.

Jangan pernah menunggu boneka sudah menjadi kotor barulah kita bersihkan.Tidak kotor bukan berarti bersih karena banyak kuman yang tidak kasat mata yang berukuran sangat kecil.

Agar boneka kesayangan kita awet dan tidak mudah cepat rusak,maka ada beberapa tips merawat boneka yang harus kita ikuti.Berikut beberapa tips yang dianjurkan agar boneka kesayangan kita awet dan tahan lama.

1. Perhatikan Label Perawatan Pada Boneka
Label perawatan yang terdapat pada boneka bukan hanya untuk menandakan merek atau lokasi dari pembuatan boneka tersebut,namun pada label tersebut juga disebutkan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan boneka tersebut.Teliti dalam melihat dan membaca bahan yang yang digunakan dalam pembuatan boneka agar tidak salah dalam mencuci.

2. Pastikan Tidak Ada Sobekan Pada Boneka
Ada baiknya,sebelum dicuci periksalah terlebih dahulu apakah ada bagian dari boneka yang sobek atau rusak.Jika ada bagian yang sobek,tutuplah bagian yang sobek tersebut dengan menjahitnya agar ketika kita mencucinya,air tidak sampai masuk kedalam bagian boneka.

3. Jangan Campur Dengan Pakaian Lainnya
Ketika mencuci boneka,maka tidak boleh dilakukan bersamaan dengan cucian lainnya.Cucilah boneka dengan terpisah dari pakaian lainnya karena bulu-bulu halus pada boneka dapat menempel pada pakaian yang kita gunakan apabila dicuci secara bersamaan.

4. Merapikan Bulu Boneka
Setelah selesai mencuci boneka kita,hal terkahir yang harus dilakukan adalah merapikan bulu-bulu boneka.Ketika mencuci boneka,pastilah bulunya akan menjadi gumpal sekaligus mengumpal.Gunakanlah jenis sisir yang bercela dan bukan yang tipe brush untuk merapikan bulu boneka kita.