Bahaya Menggunakan Minyak Goreng Berulang Kali

Banyak dari yang menggunakan minyak goreng secara berulang-ulang ketika memasak tanpa memikirkan apa yang akan terjadi ketika memakai minyak goreng yang digunakan berulang kali dan banyak juga dapat kita temui pedagang kaki lima yang menggunakan minyak goreng berulang kali hanya untuk menekan biaya agar tidak terlalu boros.

Kebiasaan tersebut memiliki sejumlah bahaya bagi tubuh yang salah satu dampaknya adalah dapat terjadinya kanker,meskipun tidak sedikit orang yang sudah tahu mengenai bahayanya dan namun mereka tetap melakukannya dengan alasan untuk berhemat.

Banyak orang yang terus melakukan kebiasaan tersebut karena memang tidak ingin tahu dan tidak mengerti serta hanya untuk beririt dengan alasan sayangnya minyak dibuang begitu saja.

Memang aneh,banyak orang lebih memilih berhemat uang daripada menjaga kesehatannya.

Minyak dapat diibaratkan seperti kalung mutiara dengan ikatan gugus yang menyambungkan satu mutiara dengan mutiara yang lainnya dan panas dapat menghancurkan gugus ini jika dipanaskan berulang kali.
Semakin sering dilakukan pemanasan yang berulang,maka gugus yang semulanya panjang dan terhubung satu sama lain akan menjadi rusak dan sifat dari zat kimia ini juga akan berubah dari baik menjadi buruk.

Hal Penting yang perlu banyak orang ketahui adalah ketika memanaskan minyak goreng secara berulang-ulang,maka akan terjadinnya efek pembentukan karsinogen yang dapat merusak sel-sel normal sehingga akan berubah menjadi sel kanker.

Cara sederhana untuk membuktikannya cukup sederhana,cobalah beli gorengan dair warung dan bandingkan dengan gorengan yang anda goreng sendiri dirumah,maka pasti akan ada perbedaan dari rasa maupun tekstur dari gorengan tersebut.

Pemakaian maksimal minyak goreng adalah tidak boleh lebih dari tiga kali pemanasan ulang karena akan berbahaya bagi kesehatan kita sendiri.