Ada “Program Jahat” Pada Android Anda? Begini Cara Menghapusnya

Ada "Program Jahat" Pada Android Anda? Begini Cara Menghapusnya
Pengguna android saat ini sudah semakin banyak, hal ini juga membuat pihak dari pembuat android pun membentuk tingkat keamanan sistem operasi yang memiliki risiko yang tinggi.

Akan tetapi, tidak sedikit juga yang memasukkan file-file jahat ke dalam aplikasi yang terdapat pada android tersebut. Salah satunya adalah dengan menyusupkan Malicious Software atau biasa disebut dengan Malware.

Perangkat lunak tersebut diciptakan untuk dapat menyusup lalu merusak sistem yang ada didalamnya. Dan untuk dapat terhindar dari program yang bahaya ini, para pengguna android diwajibkan untuk memasang program-program seperti Anti-virus. Tapi bagaimana jadinya kalau program tersebut sudah terlanjur masuk ke dalam android anda?

Untuk mengatasi hal tersebut tentu saja bisa, agar tidak meninggalkan jejak virus lainnya atau mengundang masuk ke dalam android dan semakin banyak. Diperlukan langkah khusus untuk menghapus Malware yang ada didalamnya.

Dan berikut beberapa trik atau langkah menghapus Malware yang ada di perangkat android anda.

Hal yang pertama jika anda sudah yakin bahwa perangkat android yang anda miliki terjangkit virus Malware, adalah Mematikan perangkat tersebut. Setelah berhasil di matikan coba mengingat kembali aplikasi yang tiba-tiba ada di perangkat tersebut dan tidak ada di playstore. Karena biasanya aplikasi yang tidak terdapat pada Playstore rentan akan membawa program jahat.

Setelah itu, carilah aplikasi yang membawa Malware tersebut jika anda sudah yakin. Hidupkan kembali perangkat androidnya, lalu masuk ke mode aman.

Apabila anda sudah mendapati aplikasi apa saja yang sudah terinstal didalam perangkat. Pilihlah aplikasi yang dicurigai tersebut dan tekan Force Close. Kemudian, hapus aplikasi tersebut dengan cara meng-uninstallnya.

Setelah berhasil menghapusnya, anda juga harus mendownload software keamanan yang bisa mencegah virus Malware tuk datang kembali.